Visitor

Kamis, 06 Juni 2013

Soft Bread NCC

Bahagia tidak terkira akhirnya bisa buat roti manis sendiri, haru deh rasanya hehehe lebay. Impian dari dulu deh kepingin bisa bikin roti, tapi karena gak punya mixer gak jadi-jadi bikin. Sekarang bela-belain beli mixer yang bisa buat ngadon roti, biar impian terkabul.

Ada cerita lucu dibalik pembuatan roti-roti ini, jadi dipercobaan pertama saya salah memasukkan salah satu bahan, seharusnya dalam pembuatan roti manis, ragi merupakan bahan utamanya. Nah yang saya beli ternyata bukan Ragi tetapi Bread Improver. Pantas saja, sudah 3 jam didiamkan kok roti tidak mengembang sama sekali, setelah dipanggang hasilnya keras. haha...

Belajar dari kegagalan saya beli lah ragi roti di pasar dengan merk PERMIPAN, saya coba lagi buat roti dengan hati-hati saya timbang semua, dan ikuti resep dengan betul. Taraa akhirnya rotinya jadi, mengembang sempurna dan tentu saja enak rasanya. Alhamdulillah impian membuat roti sudah terwujud.





Untuk roti-roti di atas, saya membuat dengan resep Soft Bread NCC yang sudah terbukti memang benar-benar soft rotinya.

Berikut resepnya hasil nyontek dari blog http://nccbreadweek.blogspot.com/search/label/soft%20bread laporan dari mas Guntur Suradjie, teman sewaktu kursus Roti gratis di NCC Matraman

Soft Bread (Roti Empuk)
Penulis : Bunda Fatmah Bahalwan

Bahan ;
500 gr Terigu Protein Tinggi

100 gr Gula Pasir
 25 gr Susu Bubuk
11 gr Ragi Instant
  3 gr Bread Improver

  3 btr kuning Telur
130 ml susu cair
100 ml Air Es

100 gr Mentega
   1 st Garam

Bahan Polesan : 3 bter telur1 1/2 st garam, 2 sm susu cair - aduk rata.

Cara
1. Aduk semua bahan kering jadi satu (terigu, susu, gula, ragi, dan bread improver).
2. Tuang bahan cair (susu cair, air, dan telur) aduk sampai bergumpal.
3. Masukkan mentega dan garam, aduk sampai halus dan licin (tandanya adonan bisa ditarik sampai tidak putus - membentuk selaput tipis).
4. Bulatkan adonan dan istirahatkan +/- 15 menit. (adonan sampai mengembang)
5. Bagi adonan sesuai selera (saya bagi 50 gr) dan bulatkan - proses rounding ini yang perlu diperhatikan, karena akan mempengaruhi hasil akhir roti. Tunda 15 menit.
6. Bentuk dan beri isi : keju, coklat, pisang + coklat (sesuaikan dengan selera)istirahatkan adonan selama +/- 30 menit (sampai mengembang). Poles dengan bahan polesan.
7. Panggang dengan panas api +/- 180 derajat sampai matang (+/- 20 menit)

2 komentar: